Psikologi manajemen
Komunikasi
By:
Kelompok Pisang
1. Adam Prasentiatara ` (10513117)
2. Dhea Zahra A (12513220)
3. Mega Elvira (15513384)
4. Nurfahsyahbani R (16513654)
5. Ridho Maulana H (17513625)
Kelas 3PA 06
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Komunikasi merupakan aktifitas
dasar manusia. Melalui komunikasi manusia
dapat saling berhubungan satu sama lain baik dalam kehidupan sehari- hari di
rumah ditempat kerja, pasar, masyarakat, atau dimanapun manusia berada. Tidak
ada manusia yang tidak ada terlibat dalam komunikasi. Komunikasi begitu sangat
penting dalam kehidupan manusia, karena harus
diakui bahwa manusia tidak bisa hidup tanpa komunikasi karena manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan
satu sama lain, dengan berkomunikasi secara efektif maka, kegitan-kegitan yang
sering dilakukan manusia bisa berjalan dengan baik. Tanpa adanya komunikasi
dengan baik mengakibatkan ketidak teraturan dalam melakukan kegiatan
sehari-hari baik itu di rumah maupun dalam suatu organisasi, perusahaan dan
dimanapun manusia itu berada.
Ilmu komunikasi adalah upaya yang sistematis untuk
merumuskan secara tegar asas-asas penyampaian informasi serta pembentukan
pendapat dan sikap. Definisi diatas meunjukkan bahwa yang dijadikan obyek studi
ilmu komunikasi bukan saja menyampaikan informasi, melainkan juga pembentukan
pendapat umum (publik opinion) dan sikap publik (publik attitude) yang dalam
kehidupan sosial dan kehidupan politik memainkan peranan yang sangat penting.
Bahkan dalam definisinya yang
sanagat khusus mengenai pengertian komunikasi itu sendiri, bahwa komunikasi
adalah proses mengubah prilaku orang lain. Dengan seiring zaman perkembangan
komunikasi sangat pesat dan cepat sehingga banyak dijumpai bidang komunikasi.
Salah satunya adalah bidang komunikasi yang menyangkut kehidupan sosial adalah
komunikasi organisasi atau manajemen publik relation atau humas yang merupakan
sebagai bentuk perkembangan komunikasi. Humas atau PR merupakan suatu lembaga
yang bertugas menjalin dan menjaga baik dengan publik internal ,ekternal, dan stakeholder
perusahaan.
BAB II
ISI
Definisi komunikasi
Kata
komunikasi berasal dari bahasa latin communication yang berarti “
Pemberitahuan” atau “Pertukaran pikiran” . Jadi, secara garis besar dalam suatu
proses komunikasi haruslah terdapat
unsur-unsur kesamaan makna agar
terjadi suatu pertukaran pikiran dan pengertian antara komunikator (penyebar pesan)
dan komunikan (penerima pesan).
Beberapa definisi
komunikasi dari para tokoh :
1. A.
Winnet : Komunikasi merupakan proses pengalihan suatu maksud dari
sumber kepada penerima, proses tersebut merupakan suatu seri aktifitas,
rangkaian atau tahap-tahap yang memudahkan peralihan maksud tersebut.
2. Karlfried
Knapp : Komunikasi merupakan interaksi antarpribadi yang menggunakan sistem
simbol linguistic, seperti sistem symbol
verbal (kata-kata) dan nonverbal. Sistem ini dapat di sosialisasikan secara
langsung atau tatap muka atau melalui media lain (tulisan, oral dan visual).
3. Carl
I. Hovland : Komunikasi adalah proses
dimana seseorang individu atau
komunikator mengoperkan stimulant biasanya dengan lambang-lambang bahasa (verbal maupun non-verbal) untuk mengubah
tingkah laku orang lain.
4. Theodorson
dan Thedorson : Komunikasi adalah penyebaran informasi, ide-de sebagai ikap
atau emosi dari seseorang kepada orang lain terutama melalui simbol-simbol.
5. Edwin
Emery : Komunikasi adalah seni menyampaikan informasi, ide dan sikap seseorang
kepada orang lain.
6. Laswell
: Komunikasi adalah proses yang menggambarkan siapa mengatakan apa dengan cara
apa, kepada siapa dengan efek apa.
DimensiKomunikasi
·
Isi
:komunikasi secara verbal yang
dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan menunjukkan muatan (isi)komunikasi,
yaitu apa
yang dikatakan.
·
Kebisingan:tinggi rendahnya suara yang terdengar dalam melakukan komunikasi.
·
Jaringan
:komunikasi secara non verbal sampai sejauh mana seseorang meluaskan jangkauan informasinya dalam melakukkan komunikasi diantara nya ada komunikasi yang
bergantung pada
(jaringansatelit). Contoh: pengaruh artikel dalam surat kabar bukan bergantung pada isi nya, namun bergantung juga pada siapa penulisnya, jenis huruf yang digunakan, warna tulisan yang dipakai,
dll.
·
Arah
:dalam berkomunikasi dibagi menjadi 2 yaitu komunikasi satu arah dan komukasi dua arah. Komunikasi satu arah adalah komunikasi yang hanya dilakukan oleh satu orang berbicara menyampaikan infomasi untuk satu orang atau lebih tanpa ada timbale balik contohnya: promosi produk tertentu atau guru dikelas.
Komunikasi 2 arah adalah adanya interaksi antara satu orang menyampaikan informasi satu orang atau lebih juga ikut berbicara sehingga terjadinya pertukaran informasi diantara kedua nya.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Komunikasi
yang efektif adalah bagian utama dalam mencapai berbagai tujuan termasuk
pendidikan. Komunikasi yang efektif berasal dari pelaksanaan proses komunikasi.
Orang-orang yang terlibat akat meningkatkan keterampilan komunikasi mereka,
jika mereka mengikuti proses komunikasi dan tinggal jauh dari hambatan yang
berbeda. Telah terbukti bahwa individu yang memahami proses komunikasi akan
berkembang menjadi komunikator yang lebih efektif, komunikator yang efektif
memiliki kesempatan lebih besar untuk menjadi sukses.
Kritik
dan Saran
Ilmu
komunikasi saaat ini sudah berkembang pesat, namun dapat kita lihat masih
banyak orang-orang yang masih belum bisa berkomunikasi menggunakan bahasa umum
yang digunakan seluruh orang. Sehingga dapat kita lihat masalah itu menjadikan
kita tidak efektif dalam berkomunikasi dan menghambat seseorang untuk menjadi
komunikator yang lebih baik dan efektif.
Daftar
pustaka
M, Effendy. Uchjana, Onong. 1984. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung. Remadja Karya CV
Suprapto, Tommy.
2009. Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi. Yogyakarta: MedPress.
Jurnal : Realitas Infotainment di Televisi. Marsito M. Jurnal Komunikasi Massa.
Vol. 4 No. 2, Juli 2011: 159-170
Jurnal
: Function of Mass Communication in Television. Hastika Yanti Nora & M.
Chaerul Latief. The Messeger ISSN
2086-1559. Vol. 2. No. 1. Hal 8-12.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar