Pengertian
dan sejarah internet
Internet adalah jaringan komputer yang saling
terhubung keseluruh dunia tanpa mengenal batas territorial, hokum dan budaya.
Secara fisik dianalogikan seperti jaring laba – laba (the Web) yang menyelimuti
bola dunia dan terdiri dari titik – ttik (node) yang saling berhubungan. Node
bisa berupa komputer, jaringan local ataupun peralatan komunikasi, sedangkan
garis penghubung anatar simpul disebut sebagai tulang punggung (backbone) yaitu
media komunikasi terrestrial (kabel, serat optic, microwave, radio link) maupun
satelit. Node terdiri dari pusat informasi dan database, peralatan komputer dan
perangkat interkoneksi jaringan serta peralatan yang dpakai pengguna untuk
mencari, menempatkan dan atau bertukar informasi di internet.
Menurut Lani Sidarta (1996) : “Walaupun secara fisik
internet adalah interkoneksi antar jaringan komputer namun secara umum internet
harus dipandang sebagai sumber daya informasi, dapat dibayangkan sebagai
sesuatu database atau perpustakaan multimedia yang sangat besar dan lengkap”.
Bahkan internet dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain (maya), karena hampir
seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada di internet seperti bisnis, hiuran, olah
raga, politik dan lain sebagainya . Drew Herwood (1996) menerangkan : Sejarah
internet bermula pada akhir decade 60-an saat United state Department of
Defense (DoD) memerlukan standar baru untuk komunikasi Internetworking, yaitu
standar yang mampu menghubungkan segala jenis komputer di DoD dengan komputer
milik kontraktor militer, organisasi penelitian dan ilmiah di universitas.
Jaringan ini harus kuat, aman dan tahan keerusakan sehingga mampu beroprasi
didalam kondisi minimum akibat bencana atau perang.
Tahun 1969 Advanced Research Project Agency (ARPA)
dibentuk tugasnya melakukan penelitian jaringan komputer mempergunakan
teknologi packet switching. Jaringan pertama dibangun membutuhkan 4 tempat
yaitu : UCLA, UTSB, UTAH dan SRI International. Hingga tahun 1972 jaringan ini
telah menghubungkan lebih dari 20 host dan disebut sebagai ARPANet. ARPANet
kemudian menjadi backbone internetworking institusi pendidikan, penelitian,
indutri dan kontraktor terutama yang berkaitan dengan jaringan militer (MILNet)
Tahun 1986 ARPANet mulai dikomersialkan dengan
mengisolasikan jaringan militer. National science Fondation (NFS) kemudian
membiayai pembongkaran backbone ARPANet 2 menjadi backbone Internet komersial
dan dikelola oleh Advanced Network Service (ANS). Andrew S. Tanenbaum (1996) :
andil besar dalam perwujudan internet adalah tergabungnya jaringan regional
seperti SPAN (Jaringan Fisika Energi Tinggi), BITNET (jaringan mainframe IBM),
EARN
(jaringan akademis Eroa dan dipergunakan pula di
Eropa Timur) dan ditambah dengan sejumlah link translantik yang beroprasi pada
64 Kbps – 2Mbps pada tahun 1998.
Pada abad ke 21, komputer menjadi media yang sangat
konvensional di dunia, terlebih dengan teknologi lain yang ditanamkan di
dalamnya yaitu jaringan internet. Jaringan internet adalah jaringan komputer
yang mampu menghubungkan komputer di seluruh dunia, sehinggga informasi
berbagai jenis dan dalam berbagai bentuk dapat dikomunikasikan antar 6 belahan
dunia secara instan dan global Teknologi informasi telah membuka mata dunia
akan sebuah dunia baru, interaksi baru, market place baru, dan sebuah jaringan
bisnis dunia yang tanpa batas.Disadari betul bahwa perkembangan teknologi yang
disebut internet, telah mengubah pola interaksi masyarakat, yaitu; interaksi
bisnis, ekonimi, social, dan budaya. Internet telah memberikan kontribusi yang
demikian besar bagi masyarakat, perusahaan /industri maupun pemerintah.
Hadirnya internet telah menunjang efektifitas dan
efisiensi operasional perusahaan, terutama peranannya sebagai sarana komunikasi,
publikasi, serta sarana untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan
oleh sebuah badan usaha dan bentuk badan usaha atau lembaga lainnya.Januari
1992 pengguna internet membentuk The Internet Society yang mempromosikan
internet. Tahun 1992 CERN dan MIT membentuk World Wide Web Consortium (W3C)
sebagai otoritas tunggal bagi pengguna WEB serta berwenang menetapkan berbagai
standar di dalamnya. Awal decade 90-an, WEB site (pusat informasi berbasis HTML
di Internet) hanya berjumlah sekitar 50 buah URL (Uniform Resource Locator –
system pengalamatan kios informasi di Internet) dan hanya berisi teks saja.
Meurut Andrew S. Tanenbaum (1996) : akhir 1990 telah
berkembang menjadi 3 ribu jaringan dan 200 ribu compute. Tahun 1992 host kesatu
juta terhubung ke internet dan tahun 1995 terdapat puluhan backbone, ratusan
jaringan menengah regional \, puluhan ribu LAN, jutaan host dan pengguna.
Pertumbuhannya mencapai 2 kali lipat setiap tahun (data penelitian Paxton,
1996). Kini WEB adalah antar mika paling popular di internet yang mampu
menampilkan tidak hanya teks namun juga grafik (gambar, foto, animasi), suara,
video dan dimensi virtual (3D). diperkirakan di 3 akhir 1998 telah lebih dari
10 juta WEBsite dibangun dengan institusi pendidikan, bisnis, pemerintahan,
mdia massa, hiburan, militer dan sebagainya dengan pengguna lebih dari 100
juta.Perkembangan Internet di Indonesia Di Indonesia krisis ekonomi tidak dapat
menghalangi pengaruh dari globalisasi teknologi dunia, sebab dengan penerapan
IT maka semakin besar peluang masyarakat untuk mengakses komputer dan jaringan
Internet beserta kandungan informasi yang ada di dalamnya. Walaupun belum mampu
melayani seluruh rakyat Indonesia, tetapi persentase masyarakat yang akan
terlayani akan jauh lebih besar dari keadaan sekarang ini sebab di prediksikan
oleh para ahli bahwa IT akan memiliki potensi yang besar di Indonesia. Menurut
data IDC (Internet Indo Data Centra Indonesia), ada sekitar 196 juta pengguna
internet di seluruh dunia sampai akhir tahun 1999, dan menjadi 502 juta
pengguna pada tahun 2003. Kemudian kegiatan berinternet akan bertambah dua kali
lipat setiap 100 hari, dan diperkirakan pada tahun 2005 sebanyak 1 milliar
penduduk dunia akan tergabung dan terhubung satu sama lain melalui jaringan
internet.Perkembangan penggunaan internet di Indonesia tidak pula kalah
mengesankannya dengan ramalan IDC tersebut. Angka statistik yang disajikan
diatas cukup mengejutkan mengingat secara keseluruhan internet relatif baru
dikenal oleh masyarakat Indonesia, bahkan pada tahun 1996 dimana masyarakat
Indonesia umumnya baru saja mengenal internet, kurang dari sepersepuluh jumlah
pengguna massa sekarang, dan frekuensi pemakaiannya pun cenderung rendah. Namun
internet sebagai suatu variabel di Indonesia telah mengalami perkembangan yang
signifikan. Kronologis tahun-tahun perkembangannya adalah sebagai berikut :
Pada tahun 1995, Pusat Industri dan Perdagangan Lembaga Pengembangan
Kewirausahaan Bina Mitra Sejahtera mendata bahwa ada sekitar 10.000 pengguna
yang tersambung ke internet, dan pada tahun 1997 angka itu menjadi 100.000.
Kemudian menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII),
pengguna internet di Indonesia pada akhir tahun 2001 mencapai 2,4 juta orang.
Meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan angka pada akhir tahun
200 sebesar 1,9 juta orang. Pengguna sebanyak 2,4 juta orang tersebut terdiri
dari 550 ribu pengguna perumahan, 26 ribu pengguna perusahaan.
Layanan
online
Layanan online atau
e-service adalah istilah yang digunakan untuk layanan melalui intenet. dimana
dapat terjadi hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang
berbeda sistem operasi maupun aplikasinya, dimana hubungan tersebut
memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telefon dan satelit) yang menggunakan
protokol standar dalam berkomunikasi yaitu
protokol TCP ataupun IP yang berisikan berbagai informasi
dan berbagai sarana komunikasi data baik itu suara, gambar, video ataupun
teks.Saat ini segala sesuatunya menjadi sangat terhubung dikarenakan adanya layanan
online ini (Interconnected)
Dengan kata lain kita
bisa menggunakan telefon genggam atau sarana apapun yang terhubung dengan
layanan internet untuk menghubungi teman yang berada di belahan dunia
lain.layanan ini terhubung secara elektronis selama 24 jam sehari.
Pada dasarnya LAYANAN
ONLINE berarti : pelayanan yang diberikan oleh produsen
baik terhadap pelayanan barang yang diproduksi maupun terhadap jasa yang
ditawarkan guna memperoleh minat konsumen, dengan demikian pelayanan
mempengaruhi minat konsumen terhadap suatu barang atau jasa dari pihak
perusahaan yang menawarkan produk atau jasa dengan menggunakan bantuin koneksi
internet. Apabila pelayanan yang ditawarkan perusahaan sesuai dengan
keinginan konsumen maka produk/jasa yang ditawarkan akan dibeli. Sedangkan bila
terjadi pelayanan yang tidak sesuai dengan keinginan konsumen maka dapat di
pastikan produk/jasa tersebut kurang diminati konsumen. Layanan online ini
menjadi semakin familiar bagi semua lapisan masyarakat, sejak itu pula lah
banyak tumbuh toko online di sekitar kita. berbagai kemudahan yang ditawarkan
oleh toko online membuat peminat akan toko online tersebut semakin bertambah
dari hari ke hari.
Sehingga sampe dengan
saat ini,sudah banyak layanan online yang tersedia di jaringan internet untuk
memudahkan orang bertransaksi di dunia maya
Terdapat banyak sekali layanan online yang dapat
kita temui di kehidupan sehari-hari . Layanan online sanagat mempermudah
manusia untuk melakukan kegiatan pada masa sekarang seperti layanan online shop, layanan online kartu
provider, layanan online pendafataran registrasi, layanan online polisi
passport dan lain-lain.
Disini kita akan membahas layanan online pembayaran
jamsostek seperti berikut:
-
Siapkan nomor KPJ / kartu Jamsostek anda;
- Akses situs resmi Jamsostek di
jamsostek.co.id;
-
Login/masukkan user ID dan password account Jamsostek anda. Bila anda belum
mendaftarkan akun anda, klik Sign Up/Daftar Baru terlebih dahulu;
-
Selanjutnya, pilihlah keanggotaan Tenaga Kerja;
-
Pada halaman Ketentuan Penggunaan Layanan Web Jamsostek, pilih Setuju.
-
Isikan form yang disediakan dengan data lengkap anda.
-Kemudian
klik Daftarkan. Selanjutnya, anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa akun
anda telah aktif dan anda dapat melakukan pengecekan saldo Jamsostek dengan
user ID dan password yang anda daftarkan.
-
Langkah terakhir, klik Buku JHT di bagian kanan atas, lalu lihatlah informasi
saldo anda.
dapat kita lihat dari layanan online kita dapat melakukan pengecekan saldo jamsostek dimana saja kapan saja tanpa harus membuang waktu.
dapat kita lihat dari layanan online kita dapat melakukan pengecekan saldo jamsostek dimana saja kapan saja tanpa harus membuang waktu.
LEMBAGA
BADAN HUKUM
LBH
merupakan sebuah lembaga yang non profit, lembaga bantuan hukum ini didirikan
dengan tujuan memberikan pelayanan bantuan hukum secara gratis (cuma-cuma)
kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum, namun tidak mampu, buta hukum
dan tertindas, arti cuma-cuma yaitu tidak perlu membayar biaya (fee) untuk
pengacara, tapi untuk biaya operasional seperti biaya perkara di pengadilan
(apabila kasus sampai ke pengadilan) itu ditanggung oleh si klien, itupun kalau
klien mampu. Tetapi biasanya LBH-LBH memiliki kekhususan masing-masing dalam
memilih kasus yang akan ditanganinya sesuai dengan visi-misinya.
Tetapi ada pula lembaga yang menamakan LBH
tetapi sebetulnya mencari keuntungan. Karenanya anda harus meminta kejelasan
saat pertama kali berkonsultasi. Pada dasarnya pengacara profit pun diharuskan
memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma (prodeo) sesuai dengan amanat
Undang-undang Advokat No.18 tahun 2003 pasal 18 dan 22 (1).
Fungsi dan Peran Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Bagi
Masyarakat
Profesi advokat lahir dari masyarakat untuk masyarakat yang di
dorong oleh hati nuraninya untuk berkiprah menegakkan hukum dan keadilan serta
mewujudkan supremasi hukum sedapat mungkin dalam semua aspek kehidupan. Profesi
advokat/penasehat hukum adalah profesi yang mulia dan terhormat(offium
nobile), menjalankan tugas pekerjaan menegakkan hukum di pengadilan
bersama jaksa dan hakim (official’s of the court) dimana dalam
tugas pekerjaannya dibawah lindungan hukum dan undang-undang yang dalam hal ini
adalah UU no. 18 Tahun 2003 tentang Advokat. Jika profesi advokat telah diatur
dengan suatu UU maka agar jelas kiprah dan fungsi serta perannya ditengah
lapisan masyarakatnya khusus pencari keadilan. Advokat perannya ditengah hukum
harus mampu mengoreksi dan mengamati putusan dan tindakan para praktisi hukum
lainnya dan hal ini dibenarkan hukum dan perundang-undangan.
Advokat
setiap nafasnya, harus tanggap terhadap tegaknya hukum dan keadilan ditengah
lapisan masyarakat, dengan menghilangkan rasa takut kepada siapapun dengan
tidak membeda-bedakan tempat, etnis, agama, kepercayaan, miskin atau kaya dan
lain-lain. Intinya adalah memberi bantuan hukum setiap saat, demi tegaknya
hukum keadilan. Advokat/penasehat hukum juga mempunyai kewajiban untuk
memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma (prodeo) bagi orang
yang tidak mampu, baik dalam perkara perdata maupun dalam perkara pidana bagi
orang-orang yang disangka/didakwa berbuat pidana baik pada tingkat penyidikan
maupun dimuka pengadilan yang oleh pengadilan diperkenankan beracara secara
cuma-cuma. Dalam memberikan bantuan secara cuma-cuma maka dibentuklah Lembaga
Bantuan Hukum (LKBH) untuk golongan miskin dan dapat ditafsirkan sebagai salah
satu usaha agar hukum dapat berperan sebagai pengisi kemajuan pembangunan
(dengan sasaran keadaan yang lebih tertib dan pasti untuk lancarnya usaha
pembangunan). Perlu dikembangkan suatu cara bantuan hukum yang efektif dan
melembaga bagi yang tersangkut perkara, terutama sifat untuk golongan
masyarakat yang kurang mampu.
Tujuan
LKBH
Tujuan
yang ingin dicapai oleh Lembaga Bantuan Hukum dapat dilakukan cara-cara, antara
lain, sebagai berikut :
1.
Menyelenggarakan pemberian bantuan hukum/atau pembelaan umum yang
meliputi segala pekerjaan atau jasa advokat terhadap klien-nya di dalam maupun di
luar pengadilan
2.
Mengadakan ceramah, diskusi, penerangan, penerbitan buku dan
brosur dan lain sebagainya
3.
Mengadakan kerjasama dengan lembaga-lembaga/badan-badan/instansi
pemerintah
4.
Menyediakan diri selaku wadah guna latihan praktek hukum bagi para
mahasiswa Fakultas Hukum
Pasal berapaka yang termasuk hukumannya?
Pasal untuk Menjerat Pelaku Penipuan dalam Jual Beli Online
: Undang-Undang No. 11
Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (“UU ITE”) tidak secara khusus mengatur mengenai tindak
pidana penipuan. Selama ini, tindak pidana penipuan sendiri diatur dalam Pasal
378 Kitab Undang-Undang Hukum
Pidana (“KUHP”), dengan rumusan
pasal sebagai berikut:
“Barangsiapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri
atau orang lain secara melawan hukum dengan menggunakan nama palsu atau
martabat (hoedaningheid) palsu; dengan tipu muslihat, ataupun rangkaian
kebohongan, menggerakkan orang lain untuk menyerahkan barang sesuatu kepadanya,
atau supaya memberi utang maupun menghapuskan piutang, diancam, karena
penipuan, dengan pidana penjara paling lama empat
tahun.”
Walaupun UU ITE tidak secara khusus mengatur mengenai tindak
pidana penipuan, namun terkait dengan timbulnya kerugian konsumen dalam
transaksi elektronik terdapat ketentuan Pasal 28 ayat (1) UU ITE yang menyatakan:
“Setiap Orang dengan sengaja, dan tanpa hak menyebarkan berita
bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi
Elektronik.”
Terhadap pelanggaran Pasal 28 ayat (1) UU ITE diancam pidana
penjara paling lama enam tahun dan/atau denda paling banyak Rp1 miliar, sesuai
pengaturan Pasal 45 ayat (2) UU ITE.
Jadi, dari rumusan-rumusan Pasal 28 ayat (1) UU ITE dan Pasal 378 KUHP tersebut dapat kita ketahui bahwa keduanya mengatur hal yang
berbeda. Pasal 378 KUHP mengatur
penipuan (penjelasan mengenai unsur-unsur dalam Pasal 378 KUHP silakan simak
artikelPenipuan SMS Berhadiah), sementara Pasal 28 ayat (1) UU ITE mengatur mengenai berita bohong yang menyebabkan kerugian
konsumen dalam transaksi elektronik (penjelasan mengenai unsur-unsur dalam
Pasal 28 ayat (1) UU ITE silakan simak artikel Arti Berita Bohong dan
Menyesatkan dalam UU ITE).
Walaupun begitu, kedua tindak pidana tersebut memiliki suatu
kesamaan, yaitu dapat mengakibatkan kerugian bagi orang lain. Tapi,
rumusan Pasal 28 ayat (1) UU ITE tidak mensyaratkan adanya unsur “menguntungkan diri
sendiri atau orang lain” sebagaimana diatur dalam Pasal
378 KUHP tentang penipuan.
Pada akhirnya, dibutuhkan
kejelian pihak penyidik kepolisian untuk menentukan kapan harus menggunakan
Pasal 378 KUHP dan kapan harus menggunakan ketentuan-ketentuan dalam Pasal 28
ayat (1) UU ITE. Namun, pada praktiknya pihak kepolisian dapat mengenakan
pasal-pasal berlapis terhadap suatu tindak pidana yang memenuhi unsur-unsur
tindak pidana penipuan sebagaimana diatur dalam Pasal
378 KUHP dan memenuhi unsur-unsur
tindak pidana Pasal 28 ayat (1) UU ITE. Artinya, bila memang unsur-unsur tindak pidananya terpenuhi,
polisi dapat menggunakan kedua pasal tersebut.
Lepas dari itu, menurut
praktisi hukum Iman Sjahputra,
kasus penipuan yang menyebabkan kerugian konsumen dari transaksi elektronik
jumlahnya banyak. Di sisi lain, Iman dalam artikel Iman Sjahputra: Konsumen
Masih Dirugikan dalam Transaksi Elektronikjuga mengatakan bahwa seringkali kasus penipuan dalam transaksi
elektronik tidak dilaporkan ke pihak berwenang karena nilai transaksinya
dianggap tidak terlalu besar. Menurut Iman, masih banyaknya penipuan dalam
transaksi elektronik karena hingga saat ini belum dibentuk Lembaga Sertifikasi
Keandalan yang diamanatkan Pasal 10 UU ITE.
INTERNET SERVICE PROVIDER (ISP)
1. Pengertian ISP
Internet Service Provider (ISP) atau
Penyelenggara Jasa Internet (PJI) adalah sebuah perusahaan atau sebuah
organisasi yang menyediakan jasa layanan koneksi akses internet untuk
perseorangan, perkantoran, kampus, sekolah, dan lain - lain.
2. Fungsi ISP
Sebagai media yang memberikan jasa untuk berhubungan dengan
internet.
Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat.
Menyediakan modem untuk dial-up.
Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World Wide
Web (www).
Memungkinkan seorang user menggunakan layanan surat
elektronik (e-mail).
Memungkinkan seorang user melakukan percakapan suara via
internet.
Memberi tempat untuk homepage
ISP melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan
menerapkan sistem antivirus untuk pelanggannya
Jenis-jenis Layanan yang diberikan oleh Internet service
Provider (ISP)
Jenis-jenis Layanan yang diberikan oleh Internet service
Provider (ISP)
Jenis-jenis layanan yang diberikan Isp antara lain adalah
sebagai berikut:
§ Electronic Mail/E-mail/Messaging
Electronic mail (e-mail) merupakan salah satu layanan yang
tersedia di internet. Layanan ini digunakan untuk saling korespondensi antar
teman, relasi, lembaga dan lain sebagainya. Dengan E-mail data dikirim secara
elektronik sehingga sampai di tujuan dengan sangat cepat. Juga kita dapat
mengirim file-file berupa program, gambar, graphik dan lain sebagainya. Kita
juga dapat mengirim ke lebih dari satu orang sekaligus pada saat bersamaan.
Konsep E-mail adalah seperti kita mengirim surat dengan pos biasa, dimana kita
mengirimkan ke kantor pos dengan dibubuhi alamat yang kita tuju. Dari Kantor
Pos tersebut akan disampaikan ke Kantor Pos yang terdekat dengan alamat yang
dituju dan akhirnya sampai ke alamat tersebut. Dan si penerima hanya membuka
kotak pos-nya saja yang ada didepan rumah. Disini si Pengirim tidak tahu apakah
si orang yang dituju tersebut sudah menerima
surat tersebut, sampai surat itu dibalas.
Email atau kalau dalam istilah Indonesia, surat elektronik,
adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim
pesan melalui alamat elektronik di internet. Para pengguna email memilki sebuah
mailbox (kotak surat) elektronik yang tersimpan dalam suatu mailserver. Suatu
Mailbox memiliki sebuah alamat sebagai pengenal agar dapat berhubungan dengan
mailbox lainnya, baik dalam bentuk penerimaan maupun pengiriman pesan. Pesan
yang diterima akan ditampung dalam mailbox, selanjutnya pemilik mailbox
sewaktu-waktu dapat mengecek isinya, menjawab pesan, menghapus, atau menyunting
dan mengirimkan pesan email.
Setiap pengguna layanan email dapat memiliki alamat E-mail
dengan dua cara, yaitu
menggunakan :
Ø web mail, yaitu E-mail yang dapat diperoleh dengan
mendaftarkan diri pada site-site yang menyediakan E-mail space pada servernya
baik yang gratis atau berbayar seperti : hotmail, yahoo mail, mailcity,
usanetmail, cmpnetmail, dan lain-lain.
Ø POP mail, yaitu E-mail yang dapat diperoleh bila
kita mendaftarkan diri pada mail server tertentu (biasanya dengan beberapa
syarat tertentu), misalnya milik ISP dimana anda terkoneksi atau milik instansi
dimana anda sedang bekerja. Browser untuk POP mail biasanya menggunakan browser
tersendiri seperti Netscape Messenger atau Microsoft Internet Mail.
Alamat Email
Alamat diperlukan dalam proses pengiriman email. Sistem
pengalamatan pada email
menggunakan
format identitas dan domain yang digabung menggunakan
karakter @ (at, dibaca et), seperti namasaya@domain.or.id . Pengiriman
email dilakukan oleh protokol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan
protokol di jaringan TCP/IP yang mengatur bagaimana email berpindah di antara
host dan pemakai. Email disampaikan kepada penerima yang dituju. Sementara
penerimaan email dilakukan oleh beberapa protokol yaitu POP (Post Office
Protocol) dan IMAP (Internet Message Access Protocol). Protokol POP dipakai
untuk mengambil email yang tersimpan pada mailbox untuk kemudian dibaca dengan
menggunakan aplikasi email. IMAP memiliki fungsi yang sama dengan POP, hanya
IMAP memiliki fitur yang lebih banyak daripada POP.
Layanan email biasanya dikelompokkan dalam dua basis, yaitu
email berbasis client dan email berbasis web. Bagi pengguna email berbasis
client, aktifitas per-emailan dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak
email client, misalnya Eudora atau Outlook Express. Perangkat lunak ini
menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline
(tidak tersambung ke internet), dengan demikian, biaya koneksi ke internet
dapat dihemat. Koneksi hanya diperlukan untuk melakukan pengiriman (send) atau
menerima (recieve) email dari mailbox.
Sebaliknya, bagi pengguna email berbasis web, seluruh
kegiatan per-emailan harus dilakukan melalui suatu situs web. Dengan demikian,
untuk menggunakannya haruslah dalam keadaan online. Alamat email dari ISP
(Internet Service Provider) umumnya berbasis client, sedangkan email berbasis
web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan email gratis seperti Hotmail
(www.hotmail.com) atau YahooMail (mail.yahoo.com).
Beberapa pengguna email dapat membentuk kelompok tersendiri
yang diwakili oleh sebuah alamat email. Setiap email yang ditujukan ke alamat
email kelompok akan secara otomatis diteruskan ke alamat email seluruh
anggotanya. Kelompok semacam ini disebut sebagai milis (mailing list). Sebuah
milis didirikan atas dasar kesamaan minat atau kepentingan dan biasanya
dimanfaatkan untuk keperluan diskusi atau pertukaran informasi diantara para
anggotanya. Saat ini, salah satu server milis yang cukup banyak digunakan
adalah Yahoogroups (www.yahoogroups.com).
Pada mulanya sistem email hanya dapat digunakan untuk
mengirim informasi dalam bentuk teks standar (dikenal sebagai ASCII, American
Standard Code for Information Interchange).
Saat itu sukar untuk mengirimkan data yang berupa berkas
non-teks (dikenal sebagai file binary). Cara yang umum dilakukan kala itu
adalah dengan menggunakan program uuencode untuk mengubah berkas binary
tersebut menjadi berkas ASCII, kemudian baru dikirimkan melalui e-mail. Di
tempat tujuan, proses sebaliknya dilakukan. Berkas ASCII tersebut diubah
kembali ke berkas binary dengan menggunakan program uudecode. Cara ini tentunya
terlalu kompleks karena tidak terintegrasi dengan sistem email.
Belakangan dikembangkan standar baru yang disebut MIME
(Multipurpose Internet Mail Extensions). Standar ini diciptakan untuk
mempermudah pengiriman berkas dengan melalui attachment (lampiran). MIME juga
memungkinkan sebuah pesan dikirimkan dalam berbagai variasi jenis huruf, warna,
maupun elemen grafis. Walaupun nampak
menarik, penggunaan MIME akan membengkakkan ukuran pesan
email yang dikirimkan. Hal ini jelas akan memperlambat waktu yang dibutuhkan
untuk mengirim maupun menerima pesan. Dalam hal ini, ada anjuran agar sedapat
mungkin menggunakan format teks standar dalam penyuntingan email. Gunakan MIME
hanya untuk pesan-pesan tertentu yang memang membutuhkan tampilan yang lebih
kompleks.
Cara membuat akun email (email account)
Bila anda menggunakan layanan sebuah perusahaan penyedia
jasa layanan internet (PJI, ISP) untuk berinternet ria, biasanya anda akan
diberikan sebuah atau bahkan mungkin beberapa alamat email yang siap digunakan.
Namun bila tidak, anda masih dapat membuat sebuah akun email dengan gratis pada
banyak penyedia jasa layanan email yang sifatnya gratisan. Dalam kesempatan
ini, akan membahas panduan cara membuat email
di Yahoo! Mail dan Gmail.
Yahoo!Mail
1. Silahkan buka alamat http://mail.yahoo.com pada
browser web anda
2. Klik Sign-Up. Kemudian anda akan diantarkan pada
halaman registrasi. Pada halaman ini silahkan isi informasi yang dibutuhkan
3. Saat mengisikan Yahoo!ID, silahkan klik tombol Check
Availability of This ID untuk sekedar memastikan bahwa akun atau identitas yang
anda inginkan tersedia, atau belum digunakan oleh pengguna lain. Coba dengan ID
lain bila ternyata identitas yang anda inginkan sudah tidak lagi tersedia. Ada
beberapa Top Level Domain, TLD di yahoo, bahkan yahoo.co.id juga telah tersedia
dan berbahasa Indonesia.
4. Baca dengan cermat ketentuan penggunaan (Term of
Service, TOS) serta aturan privacy (Privacy Policy). Bila anda setuju klik I
Agree, bila tidak silahkan tutup browser anda tanpa perlu mengklik tombol I Do
Not Agree.
5. Proses registrasi sudah selesai bila anda kemudian
dihantarkan pada halaman yang Yahoo! Registration Complete yang berisi beberapa
informasi yang telah anda isikan sebelumnya, termasuk Yahoo!ID dan alamat email
anda.
6. Lanjutkan dengan mengklik tombol Continue to
Yahoo!Mail
Selamat anda telah memiliki sebuah akun email baru dengan
domain yahoo.com.Yahoo!ID dan password yang anda miliki dari
pendaftaran ini dapat juga digunakan pada beberapa layanan lain yang disediakan
oleh Yahoo!.
Gmail
1. Untuk mendaftar di Gmail anda harus mendapatkan
sebuah undangan dari para pengguna lain yang sudah terlebih dahulu memiliki
akun email disana.
2. Bila sebuah undangan telah dikirimkan untuk anda,
maka yang perlu anda lakukan hanyalah melakukan aktivasi undangan tersebut
dengan mengklik tautan yang dikirim. Selanjutnya anda akan dihantarkan pada
halaman dimana anda harus mengisikan beberapa informasi yang dibutuhkan.
3. Klik tombol I have read and agree to the Term and of
Use. Creat my account. Setelah informasi yang dibutuhkan pada halaman
registrasi anda isi dengan lengkap.
4. Sesaat kemudian anda mendapati halaman Introduction
to Gmail dan ucapan Congrulations bila proses pendaftaran tidak ada masalah.
Lalu klik I’m ready - show me my account bila sudah tidak sabar untuk
mengirimkan ucapan terimakasih kepada si pemberi undangan. Tak berbeda dengan
Yahoo!, akun Gmail anda juga bisa digunakan untuk keperluan layanan lain yang
disediakan oleh Google.
§ WWW (World Wide Web)
Internet adalah sejumlah komputer di dunia (saat ini
berjumlah jutaan) yang terhubung dalam suatu jaringan yang menerapkan konsep
client-server (client = komputer yang dilayani; server = computer yang melayani
permintaan client). Pasti ketika anda ke warnet atau ke komputer yang ada
internetnya, membuka Browser untuk ber WWW ria alias ngenet.
Cara paling mudah untuk memahami apa sebenarnya world wide
web adalah bayangkan sebuah lemari didalam rumah anda, lemari tersebut dapat
berisi majalah, buku pelajaran, koran, kaset video, peralatan, uang, akta
tanah, pakaian dan lain sebagainya. Lemari itulah yang dimaksud dengan world
wide web, lengkapnya www adalah tempat untuk memberikan informasi berbasiskan
elektronik berupa : multimedia, teks , grafis serta segala data dan informasi
yang dapat dimasukkan dalam format – format tersebut, umunya bahasa yang
digunakan untuk memberikan informasi berbasiskan HTML. Saat ini world wide web
merupakan bagian yang paling terkenal dari internet sebab kemudahan dan
fleksibilitas dalam penyampaian informasi.
Dewasa ini, WWW atau yang sering disebut sebagai
"web" saja adalah merupakan aplikasi internet yang paling populer.
Demikian populernya hingga banyak orang yang keliru mengindentikkan web dengan
internet.
Secara teknis, web adalah sebuah sistem dimana informasi
dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain yang tersimpan dalam sebuah
internet webserver dipresentasikan dalam bentuk hypertext. Informasi di web
dalam bentuk teks umumnya ditulis dalam format HTML (Hypertext Markup
Language). Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis (dalam format GIF,
JPG, PNG), suara (dalam format AU, WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti
MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World). Web dapat diakses oleh perangkat
lunak web client yang secara populer disebut sebagai browser. Browser membaca
halaman-halaman web yang tersimpan dalam webserver melalui protokol yang
disebut HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Dewasa ini, tersedia beragam
perangkat lunak browser.
Beberapa diantaranya cukup populer dan digunakan secara
meluas, contohnya seperti Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, maupun
Opera, namun ada juga beberapa produk browser yang kurang dikenal dan hanya
digunakan di lingkungan yang terbatas. Sebagai dokumen hypertext,
dokumen-dokumen di web dapat memiliki link (sambungan) dengan dokumen lain,
baik yang tersimpan dalam webserver yang sama maupun di webserver lainnya. Link
memudahkan para pengakses web berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya,
dan "berkelana" dari satu server ke server lain. Kegiatan penelusuran
halaman web ini biasa diistilahkan sebagai browsing, ada juga yang menyebutnya
sebagai surfing (berselancar).
Seiring dengan semakin berkembangnya jaringan internet di
seluruh dunia, maka jumlah situs web yang tersedia juga semakin meningkat.
Hingga saat ini, jumlah halaman web yang bisa diakses melalui internet telah
mencapai angka miliaran. Untuk memudahkan penelusuran halaman web, terutama
untuk menemukan halaman yang memuat topiktopik yang spesifik, maka para
pengakses web dapat menggunakan suatu search engine (mesin pencari).
Penelusuran berdasarkan search engine dilakukan berdasarkan kata kunci
(keyword) yang kemudian akan dicocokkan oleh search engine dengan database
(basis data) miliknya. Dewasa ini, search engine yang sering digunakan antara
lain adalah Google (www.google.com) dan
Yahoo (www.yahoo.com).
§ File Transfer Protocol
File transfer protocol adalah salah satu aplikasi di
Internet untuk mengambil (download) dan meletakkan (upload) suatu file di FTP
server antara komputer lokal dengan komputer lain yang terhubung dengan
jaringan Internet.
Protokol standar yang digunakan untuk keperluan ini disebut
sebagai File Transfer Protocol (FTP) FTP umumnya dimanfaatkan sebagai sarana
pendukung untuk kepentingan pertukaran maupun penyebarluasan sebuah file
melalui jaringan internet. FTP juga dimanfaatkan untuk melakukan prose upload
suatu halaman web ke webserver agar dapat diakses oleh pengguna internet
lainnya.
Secara teknis, aplikasi FTP disebut sebagai FTP client, dan
yang populer digunakan saat ini antara lain adalah Cute FTP dan WS_FTP,
Aplikasi-aplikasi ini umumnya dimanfaatkan untuk transaksi FTP yang bersifat
dua arah (active FTP). Modus ini memungkinkan pengguna untuk melakukan baik
proses upload maupun proses download. Tidak semua semua server FTP dapat
diakses dalam modus active. Untuk mencegah penyalahgunaan--yang dapat berakibat
fatal bagi sebuah server FTP—maka pengguna FTP untuk modus active harus
memiliki hak akses untuk mengirimkan file ke sebuah server FTP.
Hak akses tersebut berupa sebuah login name dan password
sebagai kunci untuk memasuki sebuah sistem FTP server. Untuk modus passive,
selama memang tidak ada restriksi dari pengelola server, umumnya dapat
dilakukan oleh semua pengguna dengan modus anonymous login (log in secara
anonim). Kegiatan mendownload software dari Internet misalnya, juga dapat
digolongkan sebagai passive FTP.
§ News Group
Sering disebut dengan mailing list. Mailing list atau milis
merupakan satu dari sekian banyak layanan di internet. Sebagai forumdiskusi
antar anggota, berinteraksi dan berbagi ide secara online. Seperti halnya
kelompokatau komunitas yang mempunyai kesamaan minat, hoby, visi, dll. Anggota
mailing listbiasanya lintas daerah artinya jarak yang jauh bukan menjadi
masalah untuksalingkomunikasi. Apalagi dengan teknologi sekarang pengiriman
data bisa dilakukan dengan cepatdalam hitungan detik
PERANGKAT-PERANGKAT YANG DIBUTUHKAN UNTUK KONEKSI INTERNET
A. Menggunakan Koneksi Dial Up dan ADSL
Hubungan yang paling sederhana sebuah komputer ke jaringan
Internet adalah dengan memanfaatkan jalur telepon yang terdapat di kantor atau
di rumah. Jenis hubungan ini sering disebut dial up connection.
Perangkat keras yang diperlukan untuk menghubungkan komputer dan Internet
dengan hubungan dial up adalah sebagai berikut.
1. Modem (Modulator Demodulator)
Modem adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengubah data
analog menjadi data digital pada saat komputer mengambil data, atau mengubah
data digital menjadi data analog pada saat komputer mengirimkan data. Terdapat
dua jenis modem menurut penempatannya, yaitu modem eksternal dan model
internal. Modem eksternal adalah modem yang ditempatkan di luar komputer dan
dapat dipindah-pindah dari satu komputer ke komputer lain. Sedangkan, modem
internal adalah modem yang sudah terpasang di dalam komputer (terpasang
langsung kemotherboard komputer). Keuntungan menggunakan modem
internal adalah harga relative murah. Adapun kekurangannya, adalah tidak
fleksibel dalam penggunaannya karena harus bongkar pasang kartu modem.
Sementara itu, modem eksternal adalah perangkat modem yang terpisah dengan
sistem unit CPU dan dihubungkan dengan komputer lewat kabel atau frekuensi.
Penggunaan modem eksternal ini memiliki keuntungan yaitu dapat dipindahkan dari
satu komputer ke komputer lain dengan mudah. Selain itu lebih aman dari
gangguan petir. Adapun kerugiannya yaitu harganya relatif lebih mahal.
2. Splitter
Splitter adalah alat untuk memisahkan sesuatu, dalam hal ini
adalah memisahkan frekuensi rendah dan frekuensi tinggi. Frekuensi rendah
disini yaitu voice. sedangkan frekuensi tinggi nya yaitu Data. Nah, dengan
adanya Splitter, pengguna Teknologi ADSL bisa bertelephone ria sambil
berinternetan ria juga. Tanpa harus memutuskan saluran Telepone untuk
berinternetan. Teknologi ADSL diterapkan di salah satu produk PT. Telkom
Indonesia, yaitu SPEEDY. port line itu dihubungkan ke kabel telephone yg dari
Telkom ( DP = Distribution Point ), lalu yang port phone dihubungkan ke
Perangkat Telephone, dan yang terakhir port ADSL dihubungkan ke Modem. nah alat
pengubung di Splitter menggunakan kabel RJ-11. dan untuk menghubungkan dari
Modem ke PC agar menjadi sebuah LAN ( Local Area Network ) kita gunakan kabel
RJ-45. Setelah itu nyalakan modem dan PC dan siaplah kita berinternet.
B. Melalui GPRS – 3G dan HSDPA
Akses internet melalui Tiga jenis jaringan ini menggunakan
gelombang radio sebagai penghubung komputer dengan jaringan internet. Akses
internet melalui ketiga jenis Jaringan ini membutuhkan telepon selular yang
sudah ada Modem GPRS Built-In didalamnya dan sim card yang
dilengkapi fasilitas GPRS, 3G atau HSDPA. Selain itu kita harus menyediakan kabel
data, sinar infrared, atau bluetooth untuk menghubungkan handphone
dengan komputer, atau yang paling praktis menggunakan Modem USB atau
Moden PCMCIA Card (GSM atau CDMA, sesuai dengan jaringan yang tersedia).
Akses dengan ketiga jenis jaringan ini memiliki kelebihan yaitu akses dapat
dilaksanakan walaupun alat komunikasi atau pengguna bergerak. Berikut adalah
Gambar koneksi Jaringan dan perangkat yang digunakan beserta fungsinya:
Gb.7
Koneksi Internet melalui Jaringan GPRS/3G/HSDPA
1. Modem USB
Modem USB dan PCMCIA Card berfungsi untuk menangkap siny al
Radio (GPRS/3G/HSDPA) yang dipancarkan dari BTS (GPRS gateaway) operator
telephone seluler dan mentransfer sinyal tersebut ke dalam system komputer
(CPU) untuk di proses dan selanjutnya dikoneksikan ke Internet network system
yang ada di PC sehingga sinyal internet tersebut bisa diakses oleh
Browser.
2. Bluetooth dan Kabel Data
Bluetooth (baik Bluetooth Built In atau Bluetooth external)
atau Kabel data yang terpasang pada Personal Computer berfungsi untuk
menangkap/meneruskan sinyal data internet yang telah diproses oleh Modem Built
In pada perangkat Handphone dan dipancarkan melalui perangkat Bluetooth
Handphone atau ditransmisikan melalui port serial (kabel Data) Handphone ke
system Komputer (CPU).
C. Melalui Jaringan WiFi (Wireless Fidelity)
WiFi adalah jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang
elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirimkan data. Gelombang yang umum
digunakan di Indonesia berada pada frekuensi 2,4 GHz, dan 5,6 GHz. Hubungan
akses internet melalui jaringan WiFi sebaiknya hanya digunakann jika memang
penggunaan jalur dengan kabel tidak dimungkinkan. Perangkat tambahan yang
diperlukan untuk mengkoneksikan PC ke internet melalui jaringan WiFi
adalah Card WiFiatau Wireless Lan
Card (card WLan). Perangkat ini berfungsi untuk menangkap
gelombang Radio ( sinyal wifi ) yang dipancarkan oleh perangkat Radio Wifi
(Access Point). Notebook dan netbook biasanya sudah ada perangkat wifi-nya,
shingga tidak perlu menambah perangkat wifi lagi, tinggal mengkoneksikan saja.
Card Wifi mempunyai tiga jenis model yaitu: Card Wifi jenis PCI, PCMCIA Card
dan WiFi USB.
D. Melalui Jaringan LAN
Agar
dapat terhubung dengan komputer server di LAN, maka komputer kita harus
dilengkapi dengan perangkat tambahan, yaitu:
1.
LAN Card
Lan
Card berfungsi untuk menerima data yang yang ditransfer melalui Kabel UTP dan
Connector RJ-45 yang selanjutnya akan diproses dan diteruskan ke CPU komputer.
E. Menggunakan Jaringan Satelit V-SAT
Mengakses internet
melalui jaringan satelit tidak sama dengan mengakses internet melalui jaringan
yang lain, untuk jaringan selain satelit kita hanya perlu perangkat tambahan,
sebab perangkat utama biasanya sudah disediakan oleh penyedia jasa jaringan
internet, tapi untuk jaringan satelit kita harus menyediakan semua
perangkat yang diperlukanCatatan: apabila seseorang menggunakan satelit,
itu artinya orang tersebut akan mendirikan penyedia Jasa jaringan Internet
(mendirikan Warnet). Supaya Komputer bisa akses Internet melalui
Jaringan Satelit, maka dibutuhkan perangkat-perangkat sebagai berikut:
1.
Antena Satelit
Antena
berfungsi untuk memancarkan dan menerima gelombang radio RF. Antena yang
dipakai dalam komunikasi VSAT adalah sebuah solid dish antenna yang
memiliki bentuk parabola.
2.
Modem Satelit
Modem berfungsi untuk memodulasikan sinyal
informasi digital ke sinyal pembawa analog dan juga sebalikya memisahkan sinyal
informasi digital dari sinyal pembawa analog.
3.
Kabel UTP dan Connector RJ-45
4.
Lan Card
F. Melalui Jaringan TV Kabel
Mengakses internet melalui TV kabel membutuhkan perangkat
tambahan sebagai berikut:
1. Modem kabel
2. Kabel UTP
3. Connector RJ-45
4. Splitter TV Kabel (biasanya sudah disediakan
oleh Penyedia jasa TV kabel)
II. PERANGKAT JARINGAN UNTUK MENGAKSES INTERNET
1. Modem (Modulator Demodulator)
Modem adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengubah data
analog menjadi data digital pada saat komputer mengambil data, atau mengubah
data digital menjadi data analog pada saat komputer mengirimkan data
Catatan:
a. Untuk jaringan Wifi posisi Modem digantikan dengan Access
Point (Radio) dari jenis Outdoor dan disetting sebagai AP Client (Station
Infrastucture)dan dilengkapi dengan
antena
b. Untuk jaringan Satelit, Modem dihubungkan terlebih dahulu
dengan Antena Satelit.
c. Untuk Jaringan Dial-Up dan ADSL,
2. Mikrotik/Router
Router berfungsi sebagai penghubung antar dua
atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan
lainnya. Sedangkan Mikrotik fugsinya sama dengan router, hanya
lebih lengkap antaralain bisa digunakan mulai dari pengaturan bandwidth,
firewall, hotspot gateway dan web proxy.
3. Acces Point
Fungsi access point adalah
sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan
jaringan wireless/nirkabel para client. Fungsi utama ACCSESS POINT adalah
menyediakan akses jaringan wifi (Wireless), baik itu sebagai AP, AP-Client,
Repeater. Acces point yang digunakan didalam ruangan atau untuk jarak yang
pendek biasanya menggunakan acces point dari jenis AP Indoor
4. HUB/Switch
Hub adalah
perangkat jaringan yang berfungsi untuk menerima pesan dan mengirimkannya ke
semua perangkat lain yang terhubung ke jaringan tersebut sedangkan Switch fungsinya
sama seperti HUB akan tetapi kemampuannya lebih baik daripada Hub, yaitu mampu
mengirimkan informasi yang diterimanya hanya ke perangkat yang dituju olen
informasi tersebutModem dihubungkan terlebih dahulu dengan Jaringan Telephone.
5. Kabel UTP dan Konektor RJ-45
Kabel UTP berfungsi untuk mentransmisikan data dari
HUB/SWITCH ke Komputer pengguna (client), sedangkan konektor RJ-45 berfungsi
untuk meneruskan/menghubungkan data dari HUB dan Kabel UTP ke LAN Card.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar